PERKUAT JAJARAN LANTAMAL IV BATAM, DANLANTAMAL SAMBUT KAPAL TUNDA RANAI DI DERMAGA YOS SUDARSO
18/01/2024 17:31 WIB
 
 
TNI AL – BATAM, Komandan Lantamal IV Batam Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto CHRMP., M.Tr.Opsla menghadiri penyambutan kapal Harbour Tug yang bertempat di dermaga Yos Sudarso Mako Lantamal IV Batam. Kamis (18/1).]

Kapal tersebut merupakan kapal Tunda TNI dirancang untuk memberikan pelayanan pemanduan dan penundaan dalam membantu pengerakan manuver Kapal Perang Republik Indonesia. Kapal tunda ini selain mampu mendukung lepas sandar KRI, juga memiliki kemampuan untuk menanggulangi kebakaran di laut maupun di pelabuhan karena dilengkapi perangkat System External Fire Fighting dan Sistem untuk mengatasi pencemaran limbah minyak di laut. 

“Harapannya bahwa kapal tunda ini akan dipergunakan untuk membantu KRI di jajaran Koarmada I dan Lantamal IV yang berukuran besar untuk lepas dan sandar di Pelabuhan Yos Sudarso ataupun dermaga lainnya yang berada di bawah jajaran Koarmada I sehingga dapat mengoptimalkan waktu serta keamanan bernavigasi KRI di alur pelabuhan,” ujar Danlantamal IV Batam.

Kemudian di lanjutkan dengan peninjauan Kapal TD Ranai  oleh Danlantamal IV, Pejabat Utama, Para Asisten, Kasatker Lantamal IV serta Para Tamu Undangan lainnya.